Saturday, August 19, 2017

Pentingnya Komunikasi dalam Organisasi

Sebuah Organisasi terdiri dari banyak orang dari berbagai latar belakang sosial dan profesional yang berbeda-beda untuk mencapai suatu tujuan yang sama.Pentingnya komunikasi dalam sebuah organisasi tidak dapat disangkal. Pimpinan organisasi seringkali tidak menyadari pentingnya komunikasi dalam mengelola organisasi, tidak menyapikan ide, tujuan dan visi dari organisasi dengan jelas. Ketika pinpinan organisasi dan para senior dalam organisasi tidak dapat menciptakan keterbukaan dan kurang mampu berkomunikasi dengan jelas, maka hal ini akan memberikan dampak negatif dalam budaya kerja dan produktifitas organisasi.

Bila proses berbagi informasi antara dua orang atau lebih dalam organisasi sangat minim, maka pemborosan waktu dan sumberdaya sering terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, maka komunikasi efektif dalam organisasi perlu didorong untuk keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan.
Komunikasi adalan proses pengiriman dan penerimaan informasi/pesan dari satu orang ke orang lain sehingga pesan tersebut dapat diterima oleh penerima secara utuh dan dapat dipahami.

Berikut adalah peran Komunikasi dalam sebuah Organisasi:
  1.  Meningkatkan Produktivitas. Komunikasi yang efektif sangat mementukan dalam pencapaian tujuan oirganisasi
  2. Menyelesaikan Konflik. Jika sebuah organisasi mengalami masalah, krisis dan konflik antar individu dalam organisasi akan menyebabkan penundaan pekerjaan sehari-hari. Hal ini tentu menyebabkan pemborosan sumber daya, waktu dan sudah pasti akan menurunkan produktivitas secara keseluruhan. Komunikasi yang terbuka dapat mencegah dan menyelesaikan konflik. Misalnya bila dua individu memiliki perbedaan pendapat atau ketidaksetujuan dalam suatu malasah, maka dapat diselesaikan melalui diskusi bersama.
  3. Mengembangkan Kualitas Individu. Lingkungan organisasi yang ramah, memberikan kesempatan dan dorongan pada individu untuk mengungkapkan ide-ide dan memberikan umpan balik dan memotivasi individu untuk bekerja lebih baik, memberikan penghargaan merupakan contoh komunikasi efektif yang dapat memberikan kepuasan dan peningkatan kualitas individu.
  4. Membentuk Hubungan Profesional dan Lingkungan yang Kondusif. Bawahan dan Pimpinan dalam organisasi harus berkomunikasi dengan jelas, terbuka dan jujur. Pimpinan organisasi harus membangun hubungan kerja yang menyenangkan sehingga bawahan tidak ragu untuk menyelesaikan pekerjaan dan membentuk hubungan yang baik. Hal ini membuat individu merasa peduli dan dihargai sehingga memberikan loyalitas pada organisasi.

Terciptanya komunikasi efektif dalam organisasi akan berdampak pada kepuasan kerja. Bila tiap individu dalam organisasi merasa puas dalam bekerja, maka masa depan organisasi dijamin maju.

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

0 comments:

Post a Comment