Sunday, August 1, 2010

Affiliate Marketing

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tentang afffiliate marketing. Sebenarnya sayapun masih belajar sebagai afffiliate marketer. Bagi sahabat yang ingin menjalankan bisnis online atau bisnis internet tentu harus tahu apa itu afffiliate marketing. Hal ini kerena pada prinsipnya ada 2 model menghasikan uang dari internet :
  1. Menjual sebuah produk, baik produk digital maupun produk fisik. Produk digital contohnya ebook, software, lagu, video dll yang sifatnya downloadable atau bisa didownload. Sedangkan produk fisik bisa berupa baju, sepatu, barang electronic, kamera dll.
  2. Membantu penjualan produk orang lain. Proses membantu penjualan produk orang lain itu dinamakan afffiliate marketing.
Sederhananya afffiliate marketing = calo, yaitu kegiatan mempromosikan produk milik orang lain, kalau berhasil akan mendapatkan komisi sesuai perjanjian. Contoh di dunia konfensional (offline), sahabat mempromoskan rumah/mobil milik orang lain, bila mobil/rumah tersebut terjual melalui sahabat maka sahabat akan mendapatkan komisi sesuai perjanjian.
Kelebihan utama mempromosikan produk afffiliate marketing :
1. Lebih cepat
2. Bisa berjualan apa saja dalam hitungan jam
3. Tanpa membuat websitepun kita dapat berjualan
4. Tidak perlu pusing membuat produk atau melayani pelanggan. Cukup focus mendatangkan pengunjung untuk membaca produk yang kita tawarkan
5. Tidak perlu membuat sales pejualan
6. Biaya pendaftaran GRATIS
7. Komisi bisa lebih besar dari pemilik produk (>60%)
Untuk menjadi affiliate marketer, Kita bisa bergabung dengan beberapa perusahaan seperti :
www.clickbank.com
www.amazon.com
www.paydotcom.com
www.click2sell.eu
Untuk bergabung dengan perusahaan tersebut, sahabat tinggal registrasi saja, GRATIS.
Setelah bergabung, untuk bisa mendapatkan penghasilan atau dolar, langkah-langkahnya sederhana :
  1. Rizet Produk. Dengan rizet produk, kita bisa tahu produk apa yang paling banyak dicari, Negara mana yang paing banyak mencari produk tersebut, berapa komisi yang bisa kita dapatkan, tingkat persaingannya bagaimana, dan lain sebagainya.
  2. Perusahaan akan memberikan kode affiliasi produk yang dipromosikan. Contoh kode affiliasi adalah www.rahasiasuksesclickbank.com/?vip=4079 atau www.tantangan50juta.com/?r=ksnote
  3. Melakukan promosi melalui website, blog, iklan, google adwords.
  4. Mendapatkan komisi bila ada pengunjung yang melakukan pembelian.
Dalam belajar dan sekaligus mendapatkan dolar sebagai affiliate marketing, saya memilih untuk mencoba clickbank.com. Hal ini karena, di clickbank.com terdapat banyak sekali produk yang bisa kita promosikan dan sifat produnya yang downloadable karena berupa produk digital. Pada kesempatan berikutnya, saya akan berbagi ilmu yang saya pelajari dan pengalaman menjalankan clickbank.com mulai dari mendaftar, memilih produk, rizet produk dan beriklan di google adwords. Namun bila sahabat-sahabat tidak sabar, silakan sahabat dapatkan video tutorialnya secara GRATIS di sini

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

1 comments

  1. wah, blog-nya lengkap sekali, sob...salam kenal dari saya.

    semangat yah ...

    ReplyDelete