Sunday, September 19, 2010

Mampir ke Situ Panjalu, Ciamis

Perjalanan Purwokerto-Bandung sebenarnya sudah biasa dan paling membutuhkan waktu 6-7 jam jadi tidak terlalu capek. Namun dalam suasana Lebaran, macet dimana-mana, perjalanan menjadi cukup melelahkan. Pas berangkat mudik kemaren, perjalanan Bandung-Purwokerto bisa sampai 13 Jam lebih. Cukup capek dan membosankan, apalagi bawa anak-anak. Namun karena mepetnya waktu, walaupun capek tancap terus…
Nah…pas balik mudik kemaren, memang macet juga sich, namun saya bikin agak santai perjalanannya. Maksudnya biar anak-anak tidak teralu capek dan bosan. Jalannyapun saya mencoba lewat jalan-jalan yang tidak biasa dilalui dengan pemandangan yang indah, namun tidak terlalu muter jauh. Salah satu tempat yang saya singgahi sekaligus istirahat selama perjalanan balik mudik kemaren adalah Situ Panjalu di Ciamis.
Dari kota Ciamis, menuju bandung saya tidak melewati jalan biasanya. Alun-alun Ciamis saya ambil kanan arah Cirebon, kemudian setelah melewati Kawali ambil kiri arah Panjalu. Nanti setelah Ibu Kota Panjalu, di sebelah kanan akan terlihat sebuah Situ, itulah Situ Panjalu.
Pada musim liburan seperti kemaren Situ Panjalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Wisatawan yang datang ternyata bukan saja dari daerah sekitar, banyak juga yang datang dari luar kabuaten, bahkan luar propinsi. Wisatawan yang datang dari luar daerah umumnya memiliki tujuan khusus yaitu bersiarah ke makam Putra Raja Panjalu yang ada di tengah-tengah situ.
Situ yang memiliki luas sekitar 76 hektar ini memliki pemandangan alam yang cukup indah dengan daratan Nusa Gede yang ada di tengahnya. Di Nusa Gede inilah terdapat makam Putra Raja Panjalu yang banyak diziarahi oleh wisatawan. Selain pemandangan alam yang indah, wisatawan juga data melihat satwa kelelawar atau kalong yang banyak berterbangan dan bergelantungan di pepohonan Nusa Gede. Wisatawan juga dapat menyewa perahu untuk berkeliling menikmati pemandangan alam mengitari Nusa Gede atau untuk menyeberangi Situ menuju makam di Nusa Gede. Naik perahu per orang dikenakan ongkos Rp 4000-Rp 6000. Tiket mask kawasan wisata ini per orangnya adalah Rp 2500,-.

Walaupun hanya mampir sebentar di antara perjalanan ke Bandung, ternyata cukup memberikan kesegaran dan menghilangkan kepenatan dan cape selama perjalanan ke Bandung. Apalagi buat anak-anak, cukup memberikan hiburan dengan berkeliling naik perahu. Perjalanan ke Bandung dilanjutkan kembali dari Panjalu dan akan keluar di daerah sebelum Gentong. Jalan dari Ciamis-Panjalu-Gentong memang kecil, namun tidak terlau rame dan padat. Jarak tidak berbeda jauh bila melewati jalan biasa Ciamis-Rajapolah-Ciawi.

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

3 comments:

  1. seru gk disana gan...??
    soalnya ane ada rencana mw liburan ...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya seru dong......aku orang panjalu asli siap memandu kalian yang ingin berkunjung kesini...dan akan aku bawa ketempat yang lebih indah dari situ panjalu.......kemaren aja ada yang shooting buat film di kawasan joho sukamntri......

      Delete
  2. pastinya seru dong......aku orang panjalu asli siap memandu kalian yang ingin berkunjung kesini...dan akan aku bawa ketempat yang lebih indah dari situ panjalu.......kemaren aja ada yang shooting buat film di kawasan joho sukamntri......

    ReplyDelete