Tuesday, November 9, 2010

Manfaat Buah Mengkudu/Pace

Mengkudu atau Pace (Jawa) sudah lama diketahui memiliki khasiat sehingga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Mengkudu berasal dari Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain dari tanaman ini adalah Noni (bahasa Hawaii), Nono (bahasa Tahiti). Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1500 m.
Tinggi pohon ini antara 3 - 8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih, buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.
Asal usul mengkudu tidak terlepas dari keberadaan bangsa Polinesia yang menetap di kepulauan Samudra Pasifik. Bangsa Polinesia dipercaya berasal dari Asia Tenggara. Pada tahun 100 SM, bangsa yang terkenal berani mengembara, tanpa sebab yang jelas mereka menyebrang lautan meninggalkan tanah air mereka, hingga sampai di Polinesia, yaitu kepulauan di sekitar Pasifik Selatan. Pada saat berpindah mereka membawa juga beberapa tumbuhan asli, termasuk mengkudu karena dianggap barang keramat. Mereka menduka tumbuhan dengan nama laitin Morinda Citrifolia memiliki banyak manfaat dan dipercaya dapat mengbati berbagai macam penyakit.
Secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Berbagi senyawa yang terkandung di dalam mengkudu : xeronin, plant steroid, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronin, antra quinines, trace elemants, phenylalanine, magnesium dll. Selenium, salah satu mineral yang terkandung di dalam mengkudu, merupakan antioksidan hebat. Terpenoid membantu memulihkan sel-sel tubuh. Mengkudu juga mengandung zat-zat anti bakteri. Kemudian Scolopeptin yang terkandung dalam mengkudu juga merupakan anti alergi dan anti peradangan. Mengkudu juga mengandung zat anti kanker yang efektif melawan sel-sel abnormal. Xeronin dan proxeronine yang terkandung dalam mengkudu, diserap oleh sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif. (Wikipedia)
Berbagai penelitian ilmiah sampai saat ini juga sudah banyak dilakukan untuk membuktikan manfaat buah mengkudu ini untuk kesehatan. Banyak perusahaan juga yang sudah memproduksi obat herbal atau minuman dengan kandungan mengkudu ini, sehingga kita bisa memanfaatkan mengkudu ini untuk kesehatan dengan lebih mudah. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan mengkudu atau noni untuk bahan berbagai produk kesehatan adalah Tahitian Noni International, Inc yang berpusat di Amerika. Perusahaan ini juga melakukan berbagai penelitian tentang manfaat mengkudu atau noni untuk kesehatan. Produk yang cukup terkenal adalah Tahitian Noni Juice, disamping produk-produk lain dari bahan mengkudu atau noni.

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

1 comments

  1. Mantab. saya juga jual nh, aneka herbal

    Silahkan Kunjungi :

    http://www.multibisnis.com

    Minta info donk cara menjual amazon nih aku buat beberapa link tapi belum berhasil

    http://www.multibisnis.com/Earn%20Money%20From%20Clickbank.php

    ReplyDelete