Sunday, November 14, 2010

World Diabetes Day


Hari ini tanggal 14 Nopember 2010. Ada apa dengan tanggal 14 Nopember? Mungkin banyak diantara kita yang belum tahu bahwa hari ini, tanggal 14 Nopembar telah ditetapkan oleh International Diebetes Federation (IDF) dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai Hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day.
Peringatan Hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day merupakan suatu bentuk kampanye di seluruh dunia terhadap kesadaran global utama dari dunia diabetes. Hal ini juga merupakan respon terhadap terus menigkatnya prevalensi diabetes di seluruh dunia.
World Diabetes Day diperingati oleh seluruh dunia dengan berbagai aktivitas. Antara lain dengan pencahayaan gedung-gedung dan monument-monumen di seluruh dunia dengan warna biru. Biru adalah symbol diabetes global, tepatnya lingkatan biru. Dipilih warna biru karena biru adalah warna bendera PBB dan warna langit yang menyatukan kita semua. Lingkaran biru telah ditetapkan sebagai logo resmi World Diabetes Day.
Aktivitas lain yang dialkukan di seluruh dunia yaitu Global Diabetes Walk, yaitu sebuah program yang berisi ajakan yang berbunyi “jalanlah selama 30 menit, dimana saja, kapan saja, sendiri atau berkelompok”. Dengan berjalan setiap hari diharapkan mencegah progresifitas penyakit diabetes.
Kemudian, masih dalam rangka World Diabetes Day telah diluncurkan The Online Blue Cyrcle Test, yaitu sebuah aplikasi web yang interaktif yang dikembangkan untuk menunjukan factor-faktor resiko diabetes. Tes ini memungkinkan pengunjung web tersebut untuk mempelajari berbagai faktor resiko diabetes dan menemukan profil faktor resiko diri sendiri dengan disertai informasi mengenai hal-hal positif yang dapat mereka lakukan untuk mengurangi resiko mereka menderita diebetest tipe 2. Untuk mencoba mengakses web tersebut silakan klik www.worlddiabetesday.org/en/bluecircletest
Di Indonesia sendiri PERSADIA mengadakan pemilihan Pandu Diabetes Indonesia untuk mencari pemenang atau leader diantara penderita diabetes. Sang Pandu Diabetes diharapkan menjadi model untuk mengontrol diabetes dan membantu meningkatkan kesadaran penderita diabetes tipe 2. Selain itu symposium-symposium tentang diabetes juga diadakan, seperti di Jakarta diadakan Jakarta Diabetes Meeting (JDM) tanggal 13-14 Nopember 2010.
Berbagai kegiatan dan aktifitas dalam rangka World Diabetes Day atau Hari Diabetes Sedunia diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kita bahwa diabetes merupakan ancaman bagi kita penduduk dunia karena prevalaensi yang terus meningkan akibat perubahan pola hidup. Diabetes dapat dicegah atau ditunda dengan pola hidup sehat, makan secukupnya dan berimbang serta, lakukan aktifitas fisik. Selain itu, bagi penderita diabetes, dengan pengetahuan dan kesadaran akan diabetes diharapkan prgresifitas penyakit diabetes dapat dicegah.

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

0 comments:

Post a Comment