Tuesday, May 27, 2014

Cara Suntik Pena Insulin

Dibetes Melitus merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena meningkatnya kadar gula dalam darah akibat kekurangan insulin yang merupakan hormon yang bekerja memasukan gula darah ke dalam sel. Gula dalam darah berfungsi sebagai sumber energi.
Suntik insulin meruapakan salah satu terapi bagi pasien diabetes melitus, disamping terapi dengan oral anti diabetik. Terdapat banyak kelebihan terapi dengan suntik insulin dibanding dengan oral anti diabetik, terutama dari segi efektifitasnya. Namun demikian suntik insulin tidak semudah menggunakan oral anti diabetik karena beberapa faktor. Oleh karena itu, terapi dengan suntik insulin perlu adanya pengawasan dan monitoring yang lebih ketat dibanding penggunaan oral anti diabetik.
Penggunaan suntik insulin saat ini, tidak sesulit suntik insulin pada jaman dahulu. Saat ini alat suntik insulin sudah cukup modern, dengan design simple dan friendly atau mudah untuk digunakan sendiri. Umumnya saat ini alat untuk suntik insulin adalah berupa pena insulin, baik yang didesign untuk bisa diisi ulang/refill atau yang disposible. Bahkan saat ini sudah ada alat yang disebut insulin pump.
Biasanya, pasien diabetes yang mendapatkan terapi insulin, akan mendapatkan edukasi  oleh tenaga medis atau dokter tentang cara menyuntikan insulin dengan pena insulin. Namun bila ada yang memerlukan, berikut ini adalah video tentang cara suntik pena insulin/flexpen. Video ini saya dapatkan dari youtube.com. Pena insulin flexpen merupakan pena insulin disposible dari perusahaan yang memproduksi insulin Novo Nordisk.
Semoga bisa bermanfaat..

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

1 comments

  1. Yang butuh bibit pohon Daun Afrika bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia. @Trims Prabowo JOgja

    ReplyDelete