Tuesday, May 19, 2015

Curug Belot, pesona Air Terjun yang Tersembunyi

Setelah Curug Bayan, kali ini info tempat wisata di sekitar Banyumas yang ingin saya bagikan adalah Curug Belot. Lokasinya masih disekitaran Baturraden juga, tepatnya di Desa Rempoah. Ini merupakan potensi wisata yang masih pelu dikembangkan, dan merupakan aset yang dimiliki desa Rempoah. Saya pribadi memiliki kesan tersendiri terhadap tempat ini. Bagimanapun tempat ini tidak bisa dilupakan begitu saja buat saya, karena di daerah inilah saya menghabiskan masa kanak-kanak saya..he..he.. Saya dilahirkan dan dibesarkan di daerah ini. Jadi saya tahu betul seluk-beluk dareah ini. Di curug inilah barangkali saya dulu pernah belajar berenang, mandi, ciblon, cari ikan dll bersama temen-temen. Saya sering menghabiskan waktu bersama temen-temen seharian di sekitar curug ini.. Pokoknya berkesan banget dan tidak mungkin terlupakan. Hanya saja setelah belasan tahun ditinggalkan, banyak perubahan di daerah ini, terutama hal akses ke curug Belot ini. Mungkin karena makin banyak dikunjungi wisatawan, jadi warga sekitar sadar bahwa perlu adanya pembenahan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan tentu untuk memepermudah akses ke curug Belot.
Kembali ke curug Belot... Curug ini sebenarnya metupakan pertemuan antara 2 buah sungai, yaitu sungai Belot dan sungai Pelus. Sehingga warga sekitar juga menyebut curug ini dengan curug Tempuan. Curug ini cukup tinggi, lebih tinggi dari curug Gede dai Baturaden dan curug Bayan. Curug Belot ini juga memiliki aliran air yang cukup deras dan aliran terjadi sepanjang tahun, tidak pernah kering. Berada di sekitar curug, kesejukannya sangat terasa, sejuk khas pegunungan. Airnya cukup jernih dan tentu dingin. Di sekitar curug dikelilingi tebing-tebing yang cukup rimbun dengan pepohonan. Bahkan di tebing sebelah kanan terdapat sebuah gua kecil yang saya sendiri gak tahu seberapa dalamnya gua tersebut. Pokoknya, berkunjung ke curug belot, dijamin, kepenatan, capek akan hilang....he..he..
    Sumber gambar: wisata.kompasiana.com

Gimana? Penasaran dengan tempat ini..? Pokoknya jangan lewatkan mampir ke tempat ini kalau anda berkunjung ke kota kripik Purwokerto, apalagi kalau tujuan Anda ke Baturraden... Nyesel deh kalau gak mempir..he..he..
Akses ke tempat ini cukup mudah. Bisa dengan kendaraan pribadi atau dengan angkutan umum. Kalau dari Purwokerto, naiklah angkutan pedesaan yang jurusan Baturraden, angkutannya warna hijau.   Kemudian turunlah di desa Rempoah, tepatnya di depan BRI unit Baturraden. Dari situ tinggal jalan kaki ke arah Timur, atau ke kanan. Ikutin aja jalan itu, nanti di ujung jalan ada petunjuk untuk menjuju curug Belot. Dari ujung jalan menuju curugnya sendiri jalannya berkelok-kelok dan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Terakhir saya ke sana sich jalannya sudah ada perbaikan,dengan disemen sebagian, jadi lebih memudahkan wisatawan. Untuk masuk ke Curug Belot, sampai saat ini setahu saya tidak ada tarikan karcis, alias Gratis. Hanya saja untuk yang bawa kendaraan sendiri, motor atau mobil harus bayar Parkir.
Untuk fasilitas, memang masih sangat kurang saya rasa. Hanya warung-warung kecil yang ada di sekitar situ, penginapan belum ada, Akses jalan juga masih banyak yang perlu dibenahi.

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

0 comments:

Post a Comment