Monday, May 18, 2015

Wisata Curug Bayan

Kali ini saya ingin menulis sedikit tentang daerah kelahiran saya. Maksudnya biar bisa berbagi informasi sekaligus mengenang masa kecil disana, mengenang tempat-tempat kluyuran saya..he..he..
Anda pasti tahu, salah satu tempat tujuan wisata di Jawa Tengah, Baturraden. Ya, Baturraden identik dengan Purwokerto atau Banyuams. Kalau membicarakan tempat wisata di Purwokerto, pasti  langsung ingat Baturraden. Padahal masih banyak tempat-tempat wisata alam yang lain selain Baturraden. Mungkin karena belum banyak diketahui orang, jadi tidak seterkenal Baturraden.
Salah satu tempat yang bisa Anda coba kunjungi saat berkunjung ke kota Kripik adalah Curug Bayan atau air terjun Bayan. Ini salah satu tempat saya main diwaktu kecil..he..he.. Kurang lebih 3 Km dari tempat saya dilahirkan. Pesona alamnya, tidak kalah dengan Baturraden. Bahkan masih terkesan alami banget. Airnya masih sangat jernih dan tentu dingin khas air pegunungan. Dikitari bukit dan pepohonan yang rimbun menhijau. Mungkin karena belum banyak diketahui wisatawan kali ya… Pokoknya rekomended banget deh buat dikunjungi…
Lokasinya sebenernya tidak jauh dari Lokawisata Baturraden, masih satu kecamatan dan masih di lereng Gunung Slamet juga. Tepatnya di desa Kalipagu, Ketenger, Baturraden. Memang lokasinya agak ke dalam, tidak ada akses angkutan umum ke sana. Jadi kalau mau ke sana ya bawa kendaraan sendiri. Kalau mau jalan kaki ya sekitar 2 km barangkali dari akses angktan umum. Paling gampang kalau mau ke Curug Bayan ya lewat jalan barat Purwokerto-Baturraden. Begitu sampai desa Ketenger/Kalipagu, Tanya aja..pasti ketemu. Kalau lewat jalur timur, setelah melewati pintu gerbang Baturraden dan sampai desa Ketenger, SD N Ketenger belok kiri, ikuti jalan terus, nanti ketemu pertigaan terus ke kanan arah Baturraden, kemudian sekitar 1 km ketemu pertigaan belok kiri lagi. Ketemu deh lokasinya…
Sebelum sampai Curug Bayan, nanti ada pos/portal pembayaran karcis(dulu sich gak ada waktu aku masih kecil..he..he..). Kalu gak salah kercis masuknya Rp 2500,- per orang. Kemudian selain karcis juga bayar uang parkir kendaraan kalau bawa kendaraan. Tempat parkir cukup luas untuk roda 2 maupun roda 4.
Buat yang suka berenang, silakan berenang pasti seru deh… Disana juga ada penyewaan ban buat berenang lho… Juga ada kamar mandi buat bilas jika selesai berenang.
Di sana juga ada villa buat yang memerlukan penginapan. Villa kecil namun dengan view cukup bagus yaitu lembah sungai dan curug Bayan. Selain itu juga ada bebrapa warung penjual makanan, jadi jangan kuatir kelaparan disana.  Penasaran berkunjung ke Curug Bayan??



About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

0 comments:

Post a Comment