Sunday, August 20, 2017

KAMU ITU ORANG YANG MEMPUNYAI PRINSIP TEGUH ATAU KERAS KEPALA? KENALI BEDANYA

Berprinsip teguh berbeda dengan keras kepala. Kadang orang sulit membedakan mana orang yang memiliki perisip atau keyakinan teguh (Strong Conviction) dengan orang yang memang tabiatnya keras kepala.
Steven Agustinus seorang Potential Explorer dan Motivator handal menjelaskan, ada 5 perbedaan mencolok antara orang yang memiliki prinsip teguh dengan orang yang keras kepala:


PRINSIP/KEYAKINAN TEGUH
KERAS  KEPALA
Orang yang mempunyai keyakinan tegus akan selalu membangun hidupnya diatas prinsip kebenaran yang hakiki dan mutlak sifatnya. Dia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur seperti kebenaran, kejujuran, kesucian dsb. Dia tidak pernah merasa malu menunjukan prinspip itu kepada orang-orang sekitarnya, bahkan pada orang yang tidak suka atau mementang prisip kebenaran itu.
Sedangkan orang yang keras kepala tindakannya selalu didasari pemikiran dan pertimbangan
yang dianggap benar meskipun bertentangan dengan prinsip kebenaran. Sebagai Contoh, nyogok/memberikan uang pelicin dianggap lumrah saat ini. Kamu mengannap hal ini benar karena sudah lumrah dan banyak dilakukan orang saat ini. Tapi jika ditanya apakah nyogok itu benar atau boleh? Tentu jawabannya tidak benar.

Keyakinan teguh akan menjadikanmu sebagai pribadi yang memiliki hati yang lemah lembut, mudah diajar dan mudah berubah. Kamu terbuka dengan setiap koreksian yang diberikan oleh orang-orang yang ada di sekitarmu. Kamu pun tidak pernah merasa tinggi hati tapi tetap mau belajar dari siapapun meski memang kamu tahu bahwa kamu memiliki kemampuan yang lebih dari yang lain.
Sedangkan sifat keras kepala akan menjadikanmu sebagai pribadi yang memiliki hati yang keras dan tidak mudah menerima setiap koreksian. Karena kamu merasa bahwa apa yang kamu lakukan itu benar bagimu. Padahal mungkin orang yang sedang memberi nasehat padamu sudah mengetahui bahwa apa yang kamu lakukan itu salah dan pada akhirnya merugikan dirimu sendiri.
Keyakinan teguh akan membuat dirimu menjadi tidak sombong karena cita-cita ataupun tujuan hidup yang kamu miliki. Melainkan dengan rendah hati melihat posisi atau keberadaan orang lain juga sebagai hal yang baik dan tidak menganggap sesuatu yang lebih rendah di bawahmu. Namun kamu cenderung untuk terus membandingkan apa yang sudah kamu lakukan dengan tujuan hidupmu yang mulia yang telah Tuhan tetapkan bagimu. Sehingga kamu akan terus menciptakan energi yang positif, tidak hanya untuk dirimu namun juga kepada orang-orang yang ada di dekatmu.
Sedangkan sifat keras kepala akan selalu membuatmu terus membandingkan dirimu dengan orang-orang lain yang ada di bawahmu. Kamu cenderung mudah berpuas diri dan suka merendahkan serta menghakimi orang lain. Kamu juga memiliki emosi yang tidak stabil dan tanpa disadari sering mengeluarkan energi negatif kepada dirimu sendiri serta orang yang ada di sekitarmu.
Keyakinan teguh akan menjadikanmu pribadi yang menginspirasi dan membangun banyak orang. Akan ada banyak kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan kepadamu. Karena integritas sudah mulai terbangun kuat dalam dirimu.
Sedangkan sifat keras kepala menjadikanmu sebagai  seseorang yang susah dipercayai oleh orang banyak. Sehingga kamu sering berusaha untuk mencari perkenanan, pengakuan dan penerimaan dari orang banyak. Namun sayangnya sebuah kepercayaan itu tidak bisa dibangun dengan waktu yang singkat. Dibutuhkan kurun waktu yang tidak bisa ditentukan, pengorbanan dsb untuk membangun kepercayaan dan integritas dalam dirimu.
Keyakinan teguh akan menjadikanmu sebagai pribadi yang mau dan senang untuk dipimpin oleh pemimpinmu yang ada di atasmu. Karena untuk menjadi seorang pemimpin yang baik maka kamu harus menjadi orang yang mau dipimpin dan diarahkan oleh orang yang ada di atasmu.
Sedangkan sifat keras kepala akan menjadikanmu seseorang yang individual dan merasa tidak membutuhkan orang lain. Sehingga kamu selalu memiliki masalah dengan pemimpin yang ada di atasmu karena pada dasarnya kamu tidak mau dipimpin dan merasa diri sudah benar.

Itulah 5 perbedaan orang yang memiliki keyakinan atau prinsip yang teguh (strong conviction) dengan orang yang memang memiliki watak keras kepala. 
Anda termasuk orang yang berprinsip teguh atau keras kepala?
Jika ternyata kamu masih memiliki ada beberapa ciri dari orang yang keras kepala maka solusinya mudah yakni membuka diri dan siap untuk dikoreksi oleh orang-orang yang sudah ditetapkan untuk menjadi pemimpinmu. Bahkan kamu juga siap untuk menerima koreksian dari orang-orang yang ada di sekelilingmu.

Karena percayalah dengan kamu memiliki hati yang lemah lembut, mudah diajar dan mau berubah maka niscaya integritas dalam hidupmu akan mulai terbangun. Dan orang banyak akan mempercayai dan mengenalmu sebagai orang yang berintegritas dan memiliki idealisme yang tidak mudah digoyahkan.

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

0 comments:

Post a Comment