Saturday, June 15, 2019

Jenis-Jenis Iklan di Facebook

Ok, setelah berhasil membuat Fanspage, berarti temen-temen sudah bisa membuat campaign atau iklan di Facebook. Sebelum memulai iklan, sebaiknya temen-temen harus tahu jenis-jenis iklan di Facebook. Memang iklan di Facebook ada berapa jenis, dan apa saja? Mari kita bahas bersama.
Saat temen-temen membuat campaign/iklan, maka akan muncul tampilan ads manager seperti gambar di bawah ini.

Itulah pilihan jenis-jenis iklan di Facebook. Mari kita bahas satu-satu.
1. Page Post Engagement (PPE)
Page Post Engagement (PPE) juga biasa disebut "Bost Your Post" atau "Promosikan Kiriman". Iklan jenis ini biasanya digunakan untuk meningkatkan jumlah engagement atau interaksi (Like, Comment, Share) sebuah postingan atau iklan.
Kelebihan jenis iklan PPE ini antara lain:
  • Cocok untuk Branding Bisnis temen-temen. Iklan jenis ini sangan cocok  untuk mengenalkan produk temen-temen ke audiens yang tertarget.
  • Untuk yang jualan produk dengan menyertakan kontak Whatsapp
  • Iklan lebih murah, apalagi semakin banyak like, comment dan sharenya yang menandakan bahwa iklan temen-temen semakin viral.
Iklan dengan PPE bisa menggunakan Gambar, Video ataupun tanyangan slide atau carosel.
Semakin banyak Like, Comment dan share bererti iklan temen-temen makin banyak dilihat orang. bererti pelung untuk terjadinya closing penjualan akan semakin tinggi.

2. Click to Website/Traffic
Iklan ini cocok untuk temen-temen yang memiliki website atau toko online. Pada iklan ini, target audience facebook anda, ketika melakukan klik pada tombol iklan facebook anda, akan diarahkan ke website anda.
Iklan Click to Website/Traffic memang lebih mahal dari iklan PPE, namun tingkat closing lebih tinggi karena orang yang melakukan klik iklan kemungkinan besar memang tertarik dengan produk anda dan berniat membeli produk anda, bukan sekedar nanya-nanya doang di kolom koment.

3. Website Conversion 
Iklan jenis ini mirip dengan Click to Website. Bedanya, pada Website Conversion temen-temen bisa memasang pixel. Dengan adanya pixel ini, iklan temen-temen akan tayang pada audiens yang sudah pernah mengunjungi website temen-temen. Iklan yang temen-temen pasang akan selalu nongol pada timeline orang-orang yang sudah bernah berkunjung ke website temen-temen.
Tingkat closing biasanya lebih bagus pada iklan ini, namun biayanya lebih mahal dari dua jenis iklan sebelumnya. 

Iklan jenis mana yang paling bagus? Sangat tergantung dari jenis dan karteristik bisnis temen-temen, karena tiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda-benda. Akan tahu mana yang bagus setelah temen-temen menjalankannya. Jangan malas untuk melakukan test.

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

0 comments:

Post a Comment