Monday, June 3, 2019

Cara Membuat Fanspage yang Menarik

Lama sekali tidak nulis di blog ini. Mumpung ada kesempatan nulis, saya ingin berbagi sedikit pengalaman tetang FB Ads.  Sejak  satu tahun terakhir, saya belajar dan mencoba mempraktekan FB Ads. Sebagai newbie, sudah lumayan spent budget yang saya keluarkan untuk beriklan di FB. Apakah profit atau boncos? Alhamdulillah banyak profitnya dibanding boncosnya..he..he.., walaupun belum sehebat para mastah..
Saya yakin banyak dari temen-temen yang sudah tahu dan pernah beriklan di Facebook, bahkan saya yakin banyak yang sudah hebat-hebat. Namun tidak sedikit dari temen-temen saya yang bertanya bagaimana sich cara beriklan di FB yang bagus dan profitable. Banyak sekali sumber yang mengajarkan step by step cara beriklan di FB, baik itu di Yutube, Blog, ebook, e-course dll, termasuk dalam tulisan saya ini. Namun untuk bisa berklan di FB yang baik dan profitable, harus berani trial and error.
Ok, langsung aja ke materi ya..
Untuk bisa beriklan di FB, yang pertama harus dilakukan adalah membuat Fanspage, karena untuk menjalankan iklan di Facebook kita butuh Fanspage.
Apa itu Fanspage?
Fanspage atau dalam bahasa Indonesianya halaman fans adalah halaman facebook yang dibuat untuk mengumpulkan fans atau audience. Dengan Fanspage memungkinkan jangkauan/reach postingan yang anda buat bisa menjangkau dan dilihat lebih banyak orang, mulai dari ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu bahkan jutaan orang yang tertarget sesuai dengan target market produk anda.
Dengan Fanspage, Anda bisa mementukan sendiri postingan Anda ingin dilihat oleh siapa saja? Anda bisa mensetting mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi/tempat tinggal, perangkat yang digunakan, interest bahkan jam-jam tertentu postngan Anda mau ditampilkan. Bahkan budget iklan bisa Anda tentukan sendiri mulai dari Rp 10.000, sampai tak terbatas. Semakain besar budget yang Anda keluarkan untuk iklan, maka semakin banyak pula orang yang akan melihat iklan Anda.
Fanspage umumnya digunakan sebagai media branding atau media selling. Sebagai media branding, umunya pemilik Fanspage tidak berniat untuk jualan langsung. Fanspage hanya dipakai untuk membangun citra sebuah Brand. Dalam Fanspage ini, tidak akan ditemukan kata kata untuk beli, namun secara tidak langsung dengan kampanya yang mereka buat akan membuat Anda ingin beli produk mereka. Fanspage sebagai media selling, kita bisa menjual produk dengan jumlah lebih banyak tergantung dari budget iklan yang kita keluarkan. Semakin besar budget, tentu jangkauan iklan akan lebih banyak dan peluang closing jadi lebih banyak pula.
Bagaimana cara membyat Fanspage?
Untuk membuat Fanspage, pastikan Anda sudah memiliki akun facebook ya..
1. Log in dulu ke Facebook (facebook.com)
Setelah berhasil log in, klik beranda/timeline lalu cari "Buat Halaman"


Kemudian, akan muncul dashboard pilihan tipe-tipe fanspage. Pilih aja yang Bisnis atau Merek. Kemudian klik Memulai.



Selanjutnya akan muncul dashboard seperti gambar di bawah ini, isi saja dan ikuti step by stem sampai selesai. Isi Nama Bisnis, Kategori bisnis, Alamat, Kota, Kode Pos dan Nomor Telpon. Untuk Kategori Bisnis, saran saya, pilihlah yang tipe Tempat/Bisnis Lokal. Kenapa? Karena pada tipe ini ada fitur ulasan audience. Audience bisa memberikan ulasan dan semakin banyak audience yang memberikan ulasan bintang 5, maka peringkat produk atau bisnis Anda akan semakin baik.





Nah, bila sudah selesai, berarti Selamat... Fanspage Anda sudah berhasil dibuat.

Langkah selanjutnya adalah membuat postingan/update status sesuai dengan bisnis anda.

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

0 comments:

Post a Comment