Saturday, August 21, 2010

Nasi Jamblang, Kuliner Cirebon

Selamat pagi sahabat semua. Sebelumnya saya mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bagi umat Muslim semua. Pada kesempatan kali ini, saya mau menulis tentang kuliner. Wah…puasa-puasa ngomongin makanan. Gak apa-apa ya…. Dari judulnya sahabat pasti sudah tahu apa yang mau saya tulis. Ya… Nasi Jamblang atau Sega Jamblang, salah satu kulier dari Cirebon.
Saya nulis ini, kerena beberapa hari yang lalu saya harus bolak-balik Bandung - Cirebon karena ada urusan kerjaan.
Bagi sahabat yang pernah tinggal di Cirebon seperti saya ini, atau yang punya saudara atau temen di Cirebon, tentu sudah tidak asing lagi atau sudah tahu kuliner khas Cirebon yang satu ini. Rasanya masih ada yang kurang kalau berkunjung ke Cirebon, belum makan Nasi Jamblang. Ya, seperti saya ini..
Saya tidak tahu sejak kapan dan kenapa disebut nasi jamblang, saya tidak tahu asal usulnya. Hanya saja yang jelas nama Jamblang diambil dari nama suatu daerah di bagian barat Cirebon. Kalau sahabat naik bus atau kendaraan dari arah Bandung menuju Cirebon akan melewati Desa Jamblang ini, tepatnya setelah perempatan Palimanan. Nasi Jamblang tidak beda dengan nasi biasa yang setiap hari kita makan, jenis lauknyapun hampir sama. Hanya yang menjadi khasnya kuliner ini adalah nasi dibungkus dengan daun pohon jati. Kemudian, lauknya ada berbagai macam. Pembeli tinggal pilih sendiri berbagai macam lauk yang disajikan dalam wadah-wadah kecil. Lauk biasaya ada berbagai macam, seperti telur dadar, telur puyuh, tahu, tempe goreng, cumi, daging, ayam, dll. Untuk melengkapi, tersedia juga sambal cebe merah yang bisa menambah mak..yussss…..
Nah, bagi sahabat yang berkunjung ke Cirebon, atau pas lewat, jangan lupa cobain kuliner yang satu ini. Di Cirebon, kuliner ini sangat mudah dijumpai, siang atau malam, dari yang warung tenda sampai yang di mal-mal. Kalau pagi sampai siang, sahabat bisa mampir ke Nasi Jamblang Mang Dul. Lokasinya ada di Jl. Cipto Mangunkusumo, dekat BCA, samping Grage Mall. Nasi Jamblang Mang Dul juga buka cabang di Jogya Mall, Jl. Siliwangi, kemudian di RS Mitra Plumbon dan beberapa temat yang lain di Cirebon. Atau sahabat bisa juga ke Nasi Jamblang yang ada di dekat Pintu Masuk Pelabuhan Cirebon dekat kantor BI. Kalau malam hari, sahabat bisa datang ke sekitar Grage Mall, di situ warung tenda Nasi Jamblang berjajar di sepanjang jalan sebrang Grage Mall. Di samping di tempat-tempat tadi, sebenanya banyak sekali tempat-tempat yang bisa dkunjungi untuk mencoba Nasi Jamblang.
Nah, sekali lagi, bagi sahabat-sahabat yang berkunjung ke Cirebon atau pas lewat, apalagi yang hobi wisata kuliner, silakan coba kuliner yang satu ini. Pokoknya mak..nyuss… dech…. Selamat berwisata kuliner…..

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

0 comments:

Post a Comment