Saturday, August 21, 2010

Apakah pasien Diebetes Melitius boleh berpuasa?

Sebentar lagi kita memasuki bulan Romadhon atau bulan puasa. Pasien atau penderita Diabetes kadang ragu-ragu apakah boleh berpuasa atau tidak. Sebagai muslim, puasa bulan romadhon adalah wajib dan tentu Anda ingin memenuhi kewajiban sebagai umat muslim. Puasa juga sebenernya baik dan sangat dianjurkan
bagi pasien diabetes tertentu, namun ada juga pasien diabetes yang tidak dianjurkan berpuasa. Bagaimanapun juga diabetes saat ini adalah tidak lagi dianggap penyakit yang harus mengganggu kehidupan normal penderitanya. Ada baiknya, sebelum anda memutuskan untuk berpuasa atau tidak konsultasikan dulu dengan dokter Anda.
Ada beberapa hal yang harus diingat atau diketahui bagi Anda, penderita diabetes yang berniat berpuasa di bulan romadhon :
1. Pertimbangkan tingkat penyakit diabetes Anda sebelum memutuskan untuk berpuasa, diabetes ringan, sedang atau berat. Konsultasikan dengan dokter Anda.
2. Puasa sangat baik bagi penderita Diabetes ringan (bisa dikendalikan dengan diet), terutama yang berbadan gemuk.
3. Diabetes sedang boleh berpuasa dengan ketentuan khusus sesuai dengan anjuran dokter, dan harus selalu waspada terhadap kadar gula darahnya.
4. Penderita diabetes berat tidak boleh berpuasa karena dapat mengalami bahaya yang serius.
5. Pada umumnya penderita diabetes yang harus mendapatkan insulin dianggap tidak tepat untu berpuasa. Meskipun beberapa dokter megijinkan berpuasa bagi penderita dengan insulin dosis rendah, sebagian besar dokter tetap tidak menganjurkan pasien kelompok ini berpuasa.
6. Obat oral harus tetap dimakan bersama buka puasa, untuk mengendlikan kadar gula darah yang berlebihan sesudah berpuasa. Jika masih ada obat diabetes yang harus dimakan pada saat sahur, maka dosis biasaya dikurangi setengah untuk memberikan hasil yang baik selama berpuasa siang hari.
7. Pengendalian gula darah tidak hanya melalui diet, tapi juga melalui kerja jasmani di siang hari. Selama berpuasa kegiatan yang normal tidak perlu dikurangi, dan dianjurka beristirahat seleas tengah hari.
8. Diet Anda harus tidak mengandung gula atau yang manis-manis selama bulan puasa. Karbohidrat secukupnya, protein boleh dimakan secara bebes, lemak dan garam sesuai anjuran dokter. Yang terpenting adalah jangan membebanu perut Anda terlalu penuh.
9. Penyakit-penyakit yang menyertai diabetes harus pula dikendalikan pada saat yang sama dan adaalanya memerlukan perubahan pada susunan diet anda.
10. Beberapa obat dapat mempengaruhi kadar gula darah. Jika Anda memakannya atau menduga anda mendapatan obat tersebut, bicarakan hal itu dengan dokter Anda, karena mungkin ia akan mengubah atau mengganti cara pengobatan yang lebih sesuai untuk Anda.
Bagaimanapun juga, sebelum Anda memutusan untuk berpuasa atau tidak, adalah sangat bijaksana dan sangat dianjurkan untuk minta pendapat atau berkonsultasi dahulu dengan dokter Anda.
Selamat Menjalankan Ibadah Puasa…..
Sumber : berbagai sumber.

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

0 comments:

Post a Comment