Sunday, December 12, 2010

Pasar Tumpah Gasibu

Sahabat yang ada di Bandung pasti udah tahu fenomena pasar tumpah di Bandung, khususnya yang ada di lapangan Gasibu, depan Gedung Sate. Ya, pada hari minggu lapangan Gasibu dan jalan-jalan di sekitarnya akan berubah menjadi pasar. Coba aja, bagi sahabat yang kebetulan berkunjung ke Bandung pada hari minggu mampir ke Gasibu, pasti akan menjumpai pemandangan layaknya sebuah pasar. Keberadaan pasar tumpah ini ada sejak kapan, saya tidak tahu, karena jauh sebelum saya tinggal di Bandung pasar tumpah ini sudah ada setiap hari Minggu. Dan keberadaan pasar tumpah ini, di Bandung tidak saja di Gasibu, namun dapat dijumpai di beberapa tempat pada hari Minggu seperti di Soekarno Hatta deket perempatan Kiara Condong, di Antapani, di Jatinangor deket Kampus Unpad, di Pasir Jati Ujungberung dan masih banyak tempat lagi.

Kalau sahabat berkunjung di pasar tumpah Gasibu, sahabat akan menjumpai berbagai macam barang dagangan ada di situ. Cukup praktis memang, sahabat tidak perlu ke banyak tempat, cukup satu tempat sahabat akan menemukan semua barang kebutuhan sahabat ada disitu. Mulai dari sayur sampai sepeda motor dijajakan disitu. Mulai dari barang lokal samapi barang import ada di situ. Apalagi makanan, semua jenis makanan, khususnya makanan khas Bandung dapat ditemukan di pasar tumpah Gasibu. Dan yang lebih menarik lagi adalah harganya. Harga barang-barang yang dijajakan di pasar tumpah Gasibu dijamin lebih murah dibanding yang ada di toko, harga bisa ditawar. Jadi, bagi sahabat yang bisa menawar pasti akan mendapatkan barang dengan harga murah.
Beberapa kali saya sempat jalan ke pasar tumpah Gasibu. Sekedar jalan bersama anak-anak, cuci mata sambil cari makan. Saya lihat pengunjung yang datang juga bukan hanya warga Bandung, banyak juga dari luar kota. Ini terlihat dari kendaraan yang parkir. Dan konon, hanya dalam sehari yaitu hari minggu, omset pasar tumpah Gasibu mencapai milyaran.... wah...wah..wah...
Jadi bagi sahabat yang berkunjung ke Bandung, pas hari Minggu silakan mampir aja ke Gasibu. Sekedar jalan-jalan pagi, cuci mata, cari makanan atau mau belanja. Tapi bagi sahabat yang gak berniat kesitu, jangan coba-coba lewat sekitar Gasibu di hari Minggu, ditanggung Macet..!!

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

1 comments

  1. tiap minggu rame banget tu sob.. jajanan nya pun macem2. jadi ajang habisin duit tuh.. hehe

    ReplyDelete