Saturday, August 21, 2010

Mampir ke Saung Angklung Udjo

Alhamdulillah....hari yang melelahkan sudah terlewati, saatnya santai sambil ngopi dan buat postingan. Kemarin lusa, ada kerabat yang ada di luar kota menelpon saya. Sebenarnya sich biasa aja dia telpon. Karena memang sering juga nanyain kabar atau ngabarin keluarga yang ada di sana. Namun kali ini dia minta tolong cariin satu set angklung (alat musik tradisional sunda dari bambu) untuk keperluan sekolahan. Tahu saya di Bandung, dan pasti banyaklah di Bandung. Saya memang sudah cukup lama tinggal di Bandung, tapi belum pernah beli angklung. Saya sempat
berikir juga cari di mana.
Namun sesaat kemudian saya teringat seorang tokoh yang tidak bisa lepas dari sejarah dan perkembangan angklung, khususnya di bandung, Udjo. Udjo adalah seorang guru kesenian di Bandung yang mendedikasikan hidupnya untuk Angklung. Kecintaanya pada seni dan budaya menjadi alasan utama bagi Ujo untuk mendirikan Saung Angklung Udjo. Dialah pendiri Saung Angklung Udjo. Ya...saya langsung ingat Saung Angklung Udjo (SAU).
Keesokan harinya langsung saja saya meluncur ke SAU. Kebetulan lokasi tidak jauh dari tempat tinggalku. Pikirku, selama saya beberapa tahun di Bandung belum pernah melihat dari dekat SAU, biasanya hanya lewat saja. Sekalian saja liat-liat ada apa aja di SAU.
Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung, SAU sangat layak untuk dijadikan tujuan wisata bila sahabat berkunjung ke Bandung. Di sini sahabat akan disuguhi berbagai atraksi seni dan budaya sunda seperti pagelaran angklung untuk pemula, orkesra angklung, angklung arumba, prosesi Helaran, tari tradisional, wayang golek dsb. Selain itu, sahabat juga aka dilibatkan langsung bermain angklung yang mudah untuk diikuti. Bila sahabat perlu souveir, di sini juga teredia berbagai souvenir khas sunda seperti wayang golek, topeng, berbagai jenis angklug dan berbagai jenis kerajinan tangan. Suasana lokasi SAU yang didesain sedemikian rupa khas perkampungan sunda dengan rindangnya pepohonan bambu membuat sahabat akan betah berlama-lama di situ. Jadi, kalau sahabat-sahabat berkunjung ke Bandung, salah satu tempat wisata budaya dan pedidikan yang biasa dijadikan tujuan adalah SAU, apalagi buat anak-anak.
Lokasi SAU sangat mudah dijangkau baik dengan mobil pribadi maupun angkutan umun, karena terletak tidak jauh dari terminal Cicaheum, tepatya di Jl. Padasuka 118, Bandung. Itu sedikit gambaran tentang SAU yang saya lihat, yang mungkin bisa dijadian referensi sahabat-sahabat bila cari tempat wisata di Bandung.
Akhirnya saya menemukan angklung pesenan kerabat saya. Harganyapun sangat terjagau. Dan ternyata angklung itu ada banyak jenisnya. Saya beli sesuai pesenan kerabat saya, dan langsung saya kirim......

About Author

Karseno Seno
Karseno Seno

Author & Editor

Hanya orang biasa yang ingin berbagi.

0 comments:

Post a Comment